Senin, 18 Mei 2015

ANALISIS MATERI AL-QUR’AN/AL-HADITS UNTUK SMA/SMK/MA MUHAMMADIYAH KELAS X



ANALISIS MATERI AL-QUR’AN/AL-HADITS UNTUK SMA/SMK/MA MUHAMMADIYAH KELAS X
Dosen: Drs. H. Marsudi Iman M. Ag.








DisusunOleh:
Akhmad Ridwan   20140720015
Fadriansyah          20130720025 
JemmyArdian       20130720054
RizqyKurniawan  20130720057
VildaAyuAriani      20130720059


PENDIDIKAN AGAMA ISLAMFAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
2015
A.    Pendahuluan
    Al-Qur’an/Al-Haditsmerupakansalahsatumatapelajaran yang termasukdalammateriPendidikan Agama Islam.Al-Qur’an-Hadits di tingkat SMA/SMK/MA Muhammadiyah adalah salah satu mata pelajaran pokok dari Pendidikan Agama Islam yang merupakan peningkatan dari Al-Qur’an-Hadits yang telah dipelajari oleh peserta didik di MTs/SMP. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari, memperdalam serta memperkaya kajian al-Qur’an dan al-Hadits terkait dasar-dasar keilmuannya sebagai persiapan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, untuk memahami dan menerapkan tema-tema tentang manusia dan tanggung jawabnya di muka bumi, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam perspektif al-Qur’an dan al-Hadits sebagai persiapan untuk hidup bermasyarakat.
Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits diharapkan memiliki manfaat dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung di dalam Al-Qur’an-Hadits sebagai sumber utama ajaran Islam dan sekaligus menjadi pegangan serta pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari.

 PenulisakanmencobamenganalisisbukuPendidikan Al-Quran/Al-Haditsuntuk SMA/SMK/MA MuhammadiyahkelasXdarisegibahasa, tulisan, sistematikamateri, relevansimateridenganstandarkompetensi, relevansimateridengankebutuhansiswa, ketepatanmateripokokdanmateripendukung, dananalisisterhadapevaluasibelajarnya. Buku bahan ajar ini memiliki peranan penting dalam proses belajar mengajar. Buku ajar yang baik ialah buku yang mampu merangsang semangat siswa dan guru sehingga akan mempermudah dalam penyampaian materi.

B.     Profil dan Isi Buku
    Buku yang akandianalisadalammakalahiniberjudulPendidikan Al-Qur’an / Hadistuntuk SMA/SMK/MA Muhammadiyahkelas X. Bukuini di tulisolehSangidahRofi’ahdan di terbitkanolehMajelisPendidikanDasardanMenengahPimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (PWM DIY). Di bagian sampuldepan yang berwarnakuning-coklatterdapatilustrasigambarberupagedungsekolahdandi depannya terdapatsebuah gambar globe yang di kelilingi oleh beberapa orang, namun menurut kami gambar di buku ini kurang sesuai dengan konteks judul buku karena sebagian besar orang tidak mudah memahami maksud dari gambar tersebut. Sebaiknya, gambar buku Pendidikan Al-Qur’an Al-Hadits dapat disesuaikan dengan tema buku tersebut, misalnya tumpukan buku bertulisan arab.Buku yang ditulismengacupadaKurikulumtahun2006 ini dimulaidenganprakata, daftar Isi danmasukkemateripelajaranbab1 sampaibab13. Pelajaranbab 1 sampai bab 8disampaikan di semester I, sedangkanpelajaran bab9sampai denganbab 13 disampaikan di semester II. Pada awal materi yang disampaikan terdapat peta konsep, sehingga dapat mempermudah berjalannya kegiatan belajar mengajar. Dalam buku ini juga disertai dalil yang menjelaskan tentang materi, serta penjelasan arti per kata. Kemudian, ada hukum bacaan serta kandungan isi surat yang berkaitan. Di lengkapi juga dengan kisah-kisah teladan yang berkaitan dengan materi serta kamus mini, sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Padasetiapakhirmateri disediakansoal-soallatihan untuk mengevaluasi siswa.Adapundaftarisibukuiniadalahsebagaiberikut:
Semester
Pelajaranke
Tema
I
Bab 1
Manusia sebagai Hamba Allah
Bab 2
Fungsi Manusia sebagai Khalifah Allah
Bab 3
Kewajiban Mentaati Allah dan Rasulullah SAW
Bab 4
Tanda-tanda Orang yang Bertaqwa
Bab 5
Penyerahan Diri kepada Allah
Bab 6
Sifat-sifat Hamba Allah yang Mendapat Kemuliaan
Bab 7
Amal Shalih
Bab 8
Husnudzan dan Ukhuwah
II
Bab 9
Larangan Khamr/Narkoba, Judi dan Zina
Bab 10
Stategi Berdakwah
Bab 11
Ulul albab
Bab 12
Ketentuan Sholat Jum’at
Bab 13
Takabur, Minuman keras dan menyerupai Lawan Jenis







C.        AnalisisMateri
            Di dalam menganalisis buku Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits untuk kelas X SMA/SMK/MA Muhammadiyah terbitan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta, kami mencermatinya melalui beberapa aspek diantaranya:
1.      Penulisanbahasaarabdanbahasa Indonesia.
Secaraumum, penulisanbahasaarabdanbahasa Indonesia dalambukuinisudahcukupbaikdanjelas. Namun kami menemukanbeberapakesalahan di dalampenulisan, misalnya:
a.       Kekuranganhurufdalampenyusunan kata.
Hal
Alinea
Penulisan di dalambuku
Seharusnya
135
2
Kak
Kaki
b.      Penulisan kata tidakbaku.
Hal
Alinea
Penulisan di dalambuku
Seharusnya
135
2
Mesjid
Masjid
c.       Penggunaanhurufbesarsetelahtandakoma.
Hal
Alinea
Penulisan di dalambuku
Seharusnya
132
1
…lebihmementingkanpadadunianya, Padababini……
…lebihmementingkanpadadunianya, Padababini……
d.      Tersambungnya kata-kata yang seharusnyaterpisah.
Hal
Alinea
Penulisan di dalambuku
Seharusnya
136
1
…kecualidiperlihatkankepadakushalawatnyaitu…
…kecualidiperlihatkankepadakushalawatnyaitu….
e.       Tersambungnya kata yang menunjukkantempat.
Hal
Alinea
Penulisan di dalambuku
Seharusnya
135
4
...kemudian dia pergi kemasjid
...kemudian dia pergi ke masjid
f.       Kesalahandalammemberikanharakatpadahadits
Hal
Alinea
Penulisan di dalambuku
Seharusnya
149
1
مَنْ تَشَبِّهَ ....
مَنْ تَشَبَّهَ.......
g.      Kesalahan dalam penulisan cara/tahapan untuk  menghafal hadits
Hal
Alinea
Penulisan di dalambuku
Seharusnya
144
Hafalan
...cara menghafal Q.S. al-Jumu’ah (62) :9-10,...
...cara menghafal hadits tentang takabur, minuman keras dan menyerupai lawan jenis...



h.      Pengulangan kata yang tidak diperlukan

Hal
Alineake-
Penulisan di dalambuku
Seharusnya
141
Kompetensi dasar dan indikator
...dan menyerupai lawan jenis dengan benar dengan benar...
... dan menyerupai lawan jenis dengan benar.

2.      Ketersesuaianmateridengankompetensi yang akandicapai.
Di dalam buku ini sudah memiliki ketersesuaian yang baik  antara materi di setiap bab dengan dengan kompetensi yang akan dicapai, karena di setiap babnya terdapat aspek-aspek penunjang seperti berikut ini;
a.       Serambi (pengantar materi)
b.      Peta konsep
c.       Uraian materi, meliputi: 1. Bacaan dan tulisan teks ayat al-qur’an dan al-hadits
 2. Hukum bacaan
 3. Arti per kata dan keseluruhan
 4. Kandungan isi (Penjelasan dan inti sari)
 5. Disertai panduan menghafal ayat al-qur’an & al- hadits
d.       Kisah teladan
e.       Kamus mini untuk mufradat asing
Dari aspek-aspek yang termuat dalam setiap bab di buku ini, kami dapat mengatakan indikator atau kompetensi yang akan dicapai bisa terpenuhi yaitu membaca, mengidentifikasi hukum bacaan, menulis, menyebutkan arti per kata, menerjemahkan secara keseluruhan, mengidentifikasi perilaku, dan menghafal ayat al-qur’an dan hadits.
3.      Ketersesuaianmateripendukung.
Dalam buku ini semua bab yang menggunakan penjelasan al-qur’an hanya diletakan di semester satu sedangkann semua bab yang menggunakan penjelasan al-hadits hanya diletakan di semester dua. Menurut kami sebaiknya setiap bab mengandung muatan al-qur’an dan al-hadits sebagi penguatan dalil tidak hanya al-qur’an atau al-hadits saja.
4.      Ketersesuaiangambarilustrasidengantema yang dibahas.
Di bagian awal setiap bab di dalam buku ini terdapat gambar ilustrasi, nama judul bab dan nomernya, kompetensi dasar dan indikator. Kami menilai bahwasannya media gambar sebagai ilustrasi untuk membentuk imaginasi siswa dalam memahami materi sangat penting untuk diperhatikan. Ketika gambar yang disajikan sesuai dengan muatan materi, tentunya akan berdampak positif  memudahkan bagi siswa untuk mengingat materi hanya dengan melihat gambar ilustrasi yang disajikan. Demikian sebaliknya, apabila gambar ilustrasi tidak sesuai atau bertolak belakang dengan materi yang disampaikan akan menimbulkan kebingunan bagi siswa.
 Kami memandang sebagian besar gambar ilustrasi dalam buku ini sudah cukup mempresentasikan materi yang disampaikan, tetapi kami juga menemukan beberapa gambar ilustrasi yang sebenarnya tidak perlu disampaikan karena tidak mempunyai peran yang mendukung dalam pembangunan imajinasi siswa, misalnya:
Di bab 2 tentang Fungsi Manusia Sebagai Khalifah Allah halaman 19, gambar  ilustrasi yang ditampilkan adalah air terjun. Menurut kami, alangkah lebih baik seandainya gambar ilustrasi yang ditampilkan adalah kegiatan manusia dalam usahanya memakmurkan bumi, misalnya: gerakan penanaman pohon, bercocok tanam, berternak hewan dan lain sejenisnya. Ada juga yang kurang sesuai dalam penekanan materi, yaitu pada bab 7 tentang Amal Shalih halaman 73 dengan gambar ilustrasi pinokio yang hidungnya panjang karena berbohong. Menurut kami, gambar ilustrasi yang diambil haruslah memberikan penekanan pada judul bab tentang bagaimana seharusnya seorang muslim dalam beramal shalih, khususnya dalam hal kejujuran. Contoh: Kantin kejujuran, kantor KPK, atau lukisan kata mutiara yang mendalami makna kejujuran.
5.      Ketersediaantafsir/syarahdari al-qur’andan al-haditsdariulama’ terkait.
Di dalam buku ini sudah tersedia tafsir/syarah dari al-qur’an dan al-hadits, serta pendapat dari ulama’ terkait yang membahas kandungan dan inti sari dalam sebagian besar bab yang ada. Namun, tafsir/syarah ataupun pendapat ulama’ yang diambil di sebagian besar materi hanya dari satu referensi. Menurut kami, akan lebih baik jika mencantumkan beberapa syarah, tafsir, atau pendapat ulama’ kemudian mengemukakan perbedaan dan persamaanya. Sehingga siswa lebih terbuka dan menghargai terhadap perbedaan pendapat dalam mengambil sebuah hukum.
6.      Ketersediaanevaluasibelajar(akan dijelaskan pada bab terakhir)
Di setiap akhir bab di dalam buku ini terdapat muatan evaluasi belajar. Di dalam muatan evaluasi belajar ini terdapat dua bagian, yaitu:
a.         Penugasan berupa membaca kembali ayat-ayat al-qur’an atau hadits yang telah dipelajari, kemudian menghafalnya dan memberikan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari.
b.         Uji Kompetensi yang terdiri dari  10 soal pilihan ganda dan 5 soal essay.
Kami menilai bahwasannya muatan evaluasi yang ditampilkan sudah bagus, hanya saja perlu diberikan bentuk variasi soal dalam uji kompetensi. Sehingga siswa terlatih untuk menghadapi soal-soal yang beraneka ragam.Contohnya ada soal menjodohkan, melengkapi, dan mengisi.
c.         Untuk penilaian hanya penilaian pada aspek kognitif(pengetahuan), belum mencakup penilaian pada aspek afektif dan psikomotorik.

7.      Urutanpenyampaianmateri.
Kami menilai urutan penyajian materi di semester satu sudah cukup runtut, akan tetapi di semester dua ada materi yang kurang runtut, yaitu pada bab 9 dan 13.
a.         Bab 9 membahas tentang memahami  ayat al-qur’an dan hadits tentang larangan khamr, narkoba, judi dan zina.
b.         Bab 10 membahas tentang Strategi Berdakwah.
c.         Bab 11 membahas tentang Ulul Albab.  
d.        Bab 12 membahas tentang Shalat Jum’at.
e.         Bab 13 membahas tentang takabur, minuman keras dan perilaku menyerupai lawan jenis.
Kami berpendapat bahwa materi ini akan lebih runtut lagi, seandainya bab 13 diajarkan setelah bab 9, karena kedua materi ini memiliki kesamaan yaitu membahas perbuatan-perbuatan tercela.



D.   Bahan Pembelajaran
TAKABUR, MINUMAN KERAS DAN MENYERUPAI LAWAN JENIS
1.      Serambi
Di dalamajaran Islam, beberapadarikeindahanajaran Islam di antaranyaadalahperintahdanjugalarangan agar kitatidakterjerumusdalamkuburukan-keburukan, dalambabiniakan di bahasbeberapalarangantersebut, yaitularanganbersikaptakabbur, minum-minumankerasdantasabbuh, yang manapadarealitanya banyaksekali orang yang melakukanlarangantersebut.

2.      Peta Konsep

Hadits tentang takabur, minuman keras dan tasyabbuh
Bacaan
Arti
Kandungan isi
Menghafal
Idham bighunnah
safawi
Arti Per kata
Arti Keseluruhan
Larangan tasabbuh
Larangan takabbur
Larangan minum minuman keras
Keseluruhan
Potongan hadits
 












                                                                                                                      



3.      UraianMateri
ð  Hadits tentang larangantakabur
a.       Membacadanmenulistekshadits
لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِى قَلْبِهِ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ. قَالَ رَجُلٌ إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُوْنَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَ نَعْلُهُ حَسَنَةً. قَالَ إِنَّ اللهَ جَمِيْلٌ يُحِبُّ الْجَمَالُ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَ غَمْطُ النَّاسِ ( رواه المسلم )
1.      Arti Hadits
a.       Arti Per kata
MAKNA
KATA
Hai orang-orang yang beriman
لا يدخل
Di dalamhatinya
فى قلبه
Sebesar
مثقال
Bijisawi
ذرّة
Sombong
كبر
Berbusana
ثوبه
Bersepatu
نعله
Menolak
بطر
Meremehkan
و غمط

b.      Artikeseluruhan
Tidakakanmasuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat takabur sebesar biji sawi. Ada seseorang yang bertanya, “Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus ?”. Beliau menjawab, “sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Takabbur adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain. ( HR. Muslim )
4.      Kandungan Isi
·         Perkataan :الكبر بطر الحق, menunjukkan kesombongan itu akan menghalangi seseorang dalam menerima kebenaran.
·         Perkataan :و غمط الناس, menunjukkan besarnya mudharat kesombongan, karena mudharatnya tidak terbatas kepada pelakunya saja, tetapi juga menimpa orang lain.
·         Perkataan :إن الرجل يحب أن يكون ثوبه حسنا و نعله حسنة , menunjukkan wara’ dan takutnya para sahabat RA dari terjatuhnya pada kesombongan.
·         Semangatnya para sahabat untuk berpenampilan bagus, sebagaimana bagusnya batin-batin mereka.
·         Wajib bagiseorang da’i kebaikan untuk memperhatikan bagusnya penampilan mereka, setelah dia wali dengan memperhatikan bagusnya batin-batin mereka.
·         Perkataan :إن الله جميل يحب الجمال, menunjukkan pen-sifat-an Allah Ta’ala dengan sifat Indah-Nya.
·         Menetapkan sifat cinta bagi Allah.
·         Semangat dalam amalan-amalan yang dicintai Allah.
·         Beribadah kepada Allah denagan konsekuensi beriman kepada nama-nama dan sifat-Nya.
5.      Hafalan
Berikut adalah cara menghafal hadits tentang larangan takabur :
Tahapan
Hadits
Tahap 1 : di baca berulang-ulang lalu di hafal
لا يدخل الجنة من كان فى قلبه مثقال ذرة من كبر
Tahap 2 : di baca berulang-ulang lalu di hafal
قال رجل ٌإن الرجل يحب أن يكون ثوبه حسنا و نعله حسنة
Tahap 3 : di baca berulang-ulang lalu di hafal
قال إن الله جميل يحب الجمال
Tahap 4 : di baca berulang-ulang lalu di hafal secara keseluruhan
الكبر بطر الحق و غمط الناس

·         HaditsTentangKhamar
1.      Membacadanmenulistekshadits
Hadits riwayat Aisyah ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW pernah ditanya tentang arak dari madu, belaiau menjawab : setiap minuman yang memabukkan adalah haram. ( shahih muslim no. 3727 )
كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ, وَ كُلُّ خَمْرٍ حَرَامٌ.




2.      Arti Hadits
a.      Arti Perkata

Makna
Kata
Semua
كُلُّ
Memabukkan
مُسْكِرٍ
Khamar
خَمْرٌ
Haram
حَرَامٌ
b.      Arti Keseluruhan
“Semua yang memabukkan adalah khamr dan semua khamr adalah haram.”(HR.Muslim no.2003)
3.      Kandungan Isi
Hadis riwayat Ibnu Umar ra., ia berkata: rasulullah saw. Bersabda: Setiap minuman yang memabukkan adalah khamr dan setiap yang memabukkan adalah haram.
Jika khamr diharamkan karena zatnya, sementara pada hadits di atas dinyatakan bahwa “Setiap yang memabukkan itu khamr”,berarti itu menunjukkan kepada kita bahwa sifat yang melekat pada zat khamr adalah memabukkan , maka untuk mengetahui keberadaan zat khamr itu atau untuk mengetahui keberadaan zat khamr itu atau atau untuk mengenali zatnya adalah denagn meneliti zat-zat apa saja yang memiliki sifat memabukkan.
Karena sifatnya yang memabukkan itulah maka apabila dicampurkan atau bercampur dengan air atau minuman bisa menyebabkan mabuk bagi setiap orang yang meminumnya. Tinggi rendahnya kadar alcohol di dalam minuman tersebut sangat menentukkan keras-tidaknya sebuah minuman.
Pada faktanya, memang semua benda yang disebutkan Rasulullah SAW, seperti: gandum, anggur, kurma, madu, dsb, iti bisa memabukkan. Dan, memang pada semua benda itu ketika diproses menjadi minuman yang memabukkan dapat dibuktikan di dalamnya terdapat zat alkoholnya.
Dari Aisyah, rasulullah bersabda:
“Setiap yang memabukkan itu haram, dan jika banyaknya satu faraq (16 rithl=7,83 liter) dapat memabukkan, maka satu tangan daari minuman tersebut adalah haram”(HR Ahmad, Abu Daud, dan Tirmidzi)
Hadis tentang menyerupai lawan jenis
Ibnu ‘abbas radhiallahu’anhuma berkata:
“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita, dan wanita yang menyerupai laki-laki.”(HR. Al-Bukhari no.5885,6834)
1.      Membaca dan menulis teks hadits
مَنْ تَشَبِهِ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
2.      Arti Hadits
a.       Arti Perkata
makna
Kata
Barang siapa
مَن
menyerupai
تَشَبِه
Suatu kaum
بِقَوْمٍ
Golongan dari mereka
مِنْهُمْ
b.      Arti keseluruhan
“barang siapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka”.
3.      Kandungan isi
Hukum berpenampilan dan berperilaku seperti lawan jenis Al-Hafids Ibnu Hajar Rahimallah menambahkan artinya menitu lawan jenis meniru dalam cara berbicara dan berjalan .
4.      Kisah teladan dua macam obat takabur
a.         Obat takabur itu dengan ilmu, yaitu ingin mengetahui dirinya dan mengetahui tuhannya.
b.        Adapun obat takabur yang ke dua yaitu dengan beramal, yaitu bertindak seperti yang di lakukan orang yang tawaduk atau rendah hati, seperti perilakunya para sahabat dan para ulama terdahulu.



E.     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             : -
Mata Pelajaran            : Al-Qur’an Hadits
Kelas/ Semester           : X / Gasal
Standar Kompetensi   : 1. MemahamihaditsNabitentangtakaburdanminumankerasserta
perilakumenyerupailawanjenis
Kompetensi Dasar       : 1.1 Membacahaditstentangtentangtakaburdanminumankerasserta
perilakumenyerupailawanjenisdenganbenar
                                     1.2 Mengartikanhaditstentangtakaburdanminumankerasserta
perilakumenyerupailawanjenisdenganbenar
1.3 Memahamikandunganisihaditstentangtakaburdanminuman
kerassertaperilakumenyerupailawanjenisdenganbenar
                                    1.4 Menghafalhaditstentangtakaburdanminumankerasdan
menyerupailawanjenisdenganbenar

Alokasi Waktu            : 1 X 45 Menit

A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat membedakan takabur,minuman keras dan menyerupai lawan jenis
2.      Siswa dapat memahami kandungan isi hadits tentang takabur, minuman keras dan menyerupai lawan jenis
B.     Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya (trustworthine), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tanggung jawab (responsibility), Berani (courage), Peduli (caring), Rasa hormat dan perhatian (respect), Jujur (fairnes).
C.    Indikator Keberhasilan Belajar
1.      Membaca dan menulis dalil dengan benar
2.      Mengidentifikasi mana takabur, minuman keras dan menyerupai lawan jenis
3.      Menghafal dalil takabur, minuman keras dan menyerupai lawan jenis
4.      Menyebutkan inti sari dari tiap dalil
D.    Materi Pembelajaran
1.      Penjelasan makna kalimat dalam dalil
2.      Pengambilan inti sari

E.     Metode Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, Refleksi, Hafalan
F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi        : Membaca surat Al-Fatihah secara bersama-sama
·         Motivasi          : Menjelaskan secara singkat tentang topik pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
*      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
·         Guru memimpin hafalan hadits-hadits yang terkait dan siswi mengikuti
·         Guru mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas
*      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
·         Guru mendengarkan siswa mengulang-ulang hafalan hadits
·         Guru menjelaskan isi dari kandungan hadits tentang takabur, minuman keras dan menyerupai lawan jenis
*      Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswi bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.      Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
·         Bersama-sama dengan peserta didik dan /atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
·         Melakukan refleksi penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
·         Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik

§  Pendahuluan (5menit)
·         Guru mengucapkan salam, membaca do’a dan dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an
·         Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
·         Guru menjelaskan kepada siswa tentang tujuan pembelajaran dan materi yang akan dicapai hari ini
·         Guru memberi soal pretest untuk memberikan presepsi tentang materi yang akan dipelajari
§  Kegiatan Inti (40 menit)
KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembelajaran
·         Menerangkan konsep dan mengaitkan materi yang diajarkan dengan fenomena sehari-hari
·         Membacakan hadits kepada siswa kemudian menyuruh siswa untuk mengikuti bacaan guru

Kegiatan Inti
·         Guru menerangkan materi
·         Guru merangsang siswa untuk memahami siswa
·         Guru meminta siswa untuk menghafalkan ayat yang telah dipelajari
Kegiatan Penutup
·         Memberikan apresiasi kepada siswa agar aktif mengikuti pelajaran
·         Tanya jawab materi yang telah ditampilkan





5 menit






30 menit





5 menit

§  Penutup (5 menit)
·         Guru menyimpulkan materi yang sudah dipelajari
·         Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan guru untuk siswa
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajarihadits-hadits dan mengamalkannya
·         Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa bersama
G.    Sumber/Alat Belajar
·         Power point
·         Buku-buku yang relevan
H.    Penilaian
1.      Prosedur Penilaian
-          Penilaian Kognitif                               Jenis    : Pertanyaan lisan dan tertulis
-          Penilaian Afektif
-          Penilaian Psikomotor 
2.      Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Konsep
Partisipasi
Jumlah Skor
Nilai
1





2





3





4





5









3.      Format Kriteria Penilaian
No
Aspek
Kriteria
Skor
1




2
Konsep




Partisipasi
·         Semua benar
·         Sebagian besar benar
·         Sebagian kecil benar
·         Semua salah

·         Aktif berpartisipasi
·         Sebagian besar aktif
·         Kadang aktif
·         Tidak aktif
A
B
C
D

A
B
C
D

4.      Kriteria Nilai
A = 80-100
B = 70-79
C = 60-69
D = < 60

Nilai = Jumlah skor perolehan / aspek


EVALUASI BELAJAR
A.    Analisis evaluasi
1.      Ketersediaanevaluasibelajar
Di setiap akhir bab di dalam buku ini terdapat muatan evaluasi belajar. Di dalam muatan evaluasi belajar ini terdapat dua bagian, yaitu:
a.       Penugasan berupa membaca kembali ayat-ayat al-qur’an atau hadits yang telah dipelajari, kemudian menghafalnya dan memberikan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Uji Kompetensi yang terdiri dari  10 soal pilihan ganda dan 5 soal essay.
Kami menilai bahwasannya muatan evaluasi yang ditampilkan sudah bagus,hanya saja perlu diberikan bentuk variasi soal dalam uji kompetensi. Sehingga siswa terlatih untuk menghadapi soal-soal yang beraneka ragam.Contohnya ada soal menjodohkan, melengkapi, dan mengisi.
c.       Untuk penilaian hanya penilaian pada aspek kognitif(pengetahuan), belum mencakup penilaian pada aspek afektif dan psikomotorik.
B. Membuat soal baru
1. lengkapilah kata-kata di bawah ini dengan benar dan tepat!
لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِى قَلْبِهِ............ مِنْ كِبْرٍ.
 قَالَ رَجُلٌ إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُوْنَ ........ حَسَنًا وَ نَعْلُهُ ........ قَالَ إِنَّ اللهَ جَمِيْلٌ يُحِبُّ ......... الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَ غَمْطُ .......... ( رواه المسلم )
2.      Cocokkanlah kata yang sesuai dibawah ini dengan benar!
a.       Semua                                                                                            a.مُسْكِرٍ
b.   Memabukkan                 .                                                               b.حَرَامً
c.       Khamar                                                                                         c.كُلً
d.      Haram                                                                                            d.خَمْرً
e.       Minuman
f.       Laki-laki
3.      Isilah bagian dari contoh kalimat di bawah ini dengan benar!
Rasulullah Saw melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki, dan tidak boleh dalam cara..............................................................................................................
a.       Penialian afektif/sikap
1). Penilaian antar pribadi
Guru menilai sejauh mana siswa mampu mengamalkan nilai-nilai positif dan menjauhkan diri dari sifat takabur, meminum minuman keras, dan menyerupai lawan jenis.
b.      Penilaian psikomotorik/keterampilan
1). Tes praktik, dengan menggunakan daftar cek

No
Nama
Hafalan hadis takabur, minuman keras, dan menyerupai lawan jenis setiap pertemuan
Pert1
Pert2
Pert3
1.




2




3




4




5





Tidak ada komentar:

Posting Komentar